Minggu, 19 Januari 2014

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.
Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++JavaScript,C#, dan Java.

Gambar diatas adalah tampilan jendela Visual Basic yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows 8.1




  1. Menu Bar, digunakan menyimpan project, membuka project, debug, run dll
  2. Main Toolbar, digunakan untuk memilih tugas tertentu dengan cepat.
  3. Project Window. Jendela ini berisi gambaran dari semua project dan form yang sudah ada aktif maupun yang sedang tidak aktif.
  4. Form Designer. Jendela ini merupakan tempat kita untuk merancang user interface dari aplikasi yang akan kita buat.
  5. Toolbox. Jendela ini berisi komponen-komponen yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan tampilan pada program kita.
  6. Code Windows, merupakan tempat bagi kita untuk menulis coding yang akan kita terapkan pada program kita.
  7. Properties Window, melalui properties window kita dapat mengubah tampilan pada program kita seperti warna background, foreground, font, dll.
  8. Form Layout Window, menunjukan bagaimana form ditampilkan pada monitor ketika sudah di run.


Toolbox



  1. Pointer bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika kita ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form.
  2. PictureBox adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG.
  3. Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai.
  4. TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris.
  5. Frame adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya.
  6. CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.
  7. CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false.
  8. OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu.
  9. ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect).
  10. ComboBox merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan.
  11. HScrollBar dan VScrollBar, digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.
  12. Timer digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual.
  13. DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox, sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file.
  14. Shape dan Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval.
  15. Image berfungsi menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui, bahwa kontrol image menggunakan resource dapat lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox
  16. Data digunakan untuk data binding
  17. OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.




0 komentar:

Posting Komentar

Follow me on Twitter!